DASAR-DASAR KEUNGGULAN STRATEGIS
-
Konsep-konsep Dasar Strategi Kompetitif
Hal ini menciptakan sistem informasi
strategis, sistem informasi yang mendukung atau membentuk posisi kompetitif dan
strategi dari perusahaan bisnis. Jadi, sistem informasi strategis dapat berupa
sistem informasi apapun (TPS, SIM, DSS, dan lain-lain), yang menggunakan
teknologi informasi untuk membantu organisasi memperoleh keunggulan kompetitif,
mengurangi kelemahan kompetitif, atau untuk memenuhi tujuan strategis
perusahaan lainnya.
-
Tekanan Kompetitif dan Strategi
Perusahaan dapat bertahan hidup dan
berhasil dalam jangka panjang, hanya jika perusahaan tersebut berhasil
mengembangkan strategi untuk menghadapi lime tekanan kompetitif yang membentuk
struktur persaingan dalam industrinya.
·
MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI KEUNGGULAN STRATEGIS
-
Penggunaan Strategis Teknologi Informasi
Terdapat banyak cara perusahaan dapat
memandang dan menggunakan teknologi informasi. Contohnya, perusahaan dapat
memilih untuk menggunakan sistem informasi secara strategis, atau perusahaan
dapat merasa puas dengan menggunakan teknologi informasi untuk mendukung
operasi rutin yang efisien. Akan tetapi, jika perusahaan menekankan penggunaan
strategis bisnis dari teknologi informasi, manajemen perusahaan tersebut akan
memandang teknologi informasi sebagai faktor pembeda kompetitif yang utama.
Pihak manajemen kemudian akan membentuk berbagai strategi bisnis yang akan
menggunakan teknologi informasi untuk mengembangkan berbagai produk, jasa, dan
kemampuan yang akan memberi perusahaan keunggulan besar dalam pasar tempat
perusahaan bersaing.
-
Membangun Bisnis yang Berfokus pada Pelanggan
Bagi banyak perusahaan, nilai bisnis
utama mereka untuk menjadi bisnis yang berfokus pada pelanggan, yang terletak
pada kemampuan mereka untuk mempertahankan pelanggan agar tetap loyal,
mengantisipasi kebutuhan di masa mendatang, merespons kekhawatiran pelanggan,
dan menyediakan layanan pelanggan berkualitas tinggi. Fokus strategis atas
nilai bagi pelanggan ini mengakui bahwa kualitas bukan harga, melainkan telah
menjadi determian utama dalam persepsi pelanggan atas nilai. Dari sudut pandang
pelanggan, perusahaan-perusahaan yang secara konsisten menawarkan nilai terbaik
mampu menelusuri preferensi setiap pelanggannya, mengikuti tren pasar, pasokan
produk, layanan dan informasi, kapan saja, di mana saja, dan memberi layanan, pelanggan
yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap pelanggan. Selain itu, teknologi
internet telah menciptakan peluang strategis bagi perusahaan besar dan kecil,
untuk menawarkan layanan dan produk yang cepat, responsif, serta berkualitas
tinggi yang disesuaikan dengan preferensi setiap pelanggan.
-
Merekayasa Ulang Proses Bisnis
Teknologi informasi adalah bahan utama
dalam merekayasa ulang proses bisnis dengan memungkinkan perubahan radikal atau
proses bisnis yang secara dramatis akan meningkatkan efisiensi dan
efektivitasnya. Teknologi internet dapat memainkan peranan besar dalam
mendukung perubahan inovasi atas desain arus kerja,persyaratan pekerjaan, serta
struktur organisasi dalam sebuah perusahaan.
·
MENJADI PERUSAHAAN YANG LINCAH
Kelincahan ( agility ) dalam kinerja
bisnis adalah kemampuan perusahaan untuk sejahtera dalam pasar global yang
berubah cepat dan terus terfragmen untuk produk dan jasa berkualitas tinggi,
berkinerja baik, dan disesuaikan dengan pelanggan. Perusahaan yang lincah dapat
membuat laba dalam pasar dengan pilihan produk yang luas dan bermasa hidup
pendek, dan dapat memproduksi peranan secara individual dan dengan jumlah yang
besar. Perusahaan tersebut mendukung penyesuaian massal ( mass customization )
dengan menawarkan produk individual sambil mempertahankan produksi dalam volume
yang tinggi. Perusahaan yang lincah sangat bergantung pada teknologi internet
untuk memadukan dan mengelola proses bisnis, sambil menyediakan daya pemrosesan
informasi untuk melayani banyak pelanggan sebagai individual.
·
MENCIPTAKAN PERUSAHAAN VIRTUAL
Membentuk perusahaan virtual telah
menjadi strategi kompetitif yang penting dalam pasar global yang dinamis saat
ini. Internet dan teknologi informasi lainnya memainkan peran penting dalam menyediakan
sumber daya komputer serta telekomunikasi untuk mendukung arus komunikasi,
koordinasi, dan informasi yang dibutuhkan. Para manajer perusahaan virtual
tergantung pada teknologi informasi untuk membantu mereka mengelola jaringan
sumber daya orang, pengetahuan, keuangan, dan fisik yang disediakan oleh banyak
mitra bisnis untuk secara cepat memanfaatkan peluang pasar yang berubah dengan
cepat.
·
MEMBANGUN PERUSAHAAN YANG DAPAT MENGHASILKAN PENGETAHUAN
Keunggulan kompetitif yang dapat
bertahan lama saat ini hanya dapat berasal dari penggunaan dan manajemen yang
inovatif atas pengetahuan organisasi melalui perusahaan yang dapat menghasilkan
pengetahuan dan organisasi yang belajar. Teknologi internet secara luas
digunakan dalam sistem manajemen pengetahuan untuk mendukung pembuatan dan
penyebaran pengetahuan bisnis dan integrasinya ke dalam produk, jasa, serta
proses bisnis yang baru.
0 comments:
Post a Comment