- sekumpulan proses, dialog dan kegiatan dimana melalinya pengguna memanfaatkan dan beriteraksi dengan komputer.
- suatu disiplin ilmu yang menekankan pada asdpek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia untuk mempertimbangkan fenomena-fenomena disekitar manusia itu sendriri.
- suatu studi ilmiah tentang masyarakat didalam lingkungan kerjanya.
- HCL didefinisikan dengan disiplin ilmu yanng berhubungan dengan perancangan, evaluasi dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena disekitarnya.
- HCL pada prinsipnya membat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin.
Dimana
HCIS : sistem manusia dan komputer
h : subsistem manusia
m : subsistem mesin
e : subsistem lingkungan
i : interaksi manusia dengan sub-sub sistem
t : waktu lamanya interaksi terjadi
APLIKASI IMK
- Perkantoran
- kendali proses
- penerbangan
- komunikasi
- desain pekerjaan
- pelatihan/seleksi
- dll
HUMAN COMPUTER INTERFACE (HCL)
- istilah lain : man-machine interaction (MMI), computer and human interaction (CHI), dan human-machine interaction (HMI)
- tujuan :
- user friendly (ramah dengan pengguna) kemampuan yang dimiliki oleh softwere atau program aplikasi yang mudah dioprasikan, dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoprasikan program tersebut, bahkan bagi seorang pengguna pemula
- WYSIWYG (what you see is what you get)
- Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna
- Implikasi: meningkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja
- Permasalahan yang muncul:
- Programer tidak dapat memahami secara tepat
penggunanya, mis: tentang keinginan dan lingkungan
kerja pengguna
- Sistem komputer mengharuskan pengguna untuk
mengingat terlalu banyak informasi
- Sistem komputer tidak memberikan ruang untuk
toleransi kesalahan
- Para pengguna berbeda dari sebelumnya
- Para pengguna berbeda satu dengan lainnya
- Para pengguna berbeda dari kita
- Mulai diterapkannya GUI (Graphical User Interface)
KRITERIA USER FRIENDLY
- Memiliki tampilan yang bagus
- Mudah dioperasikan
- Mudah dipelajari
- Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut
PERUBAHAN TEKNOLOGI
- Penurunan harga komputer yang sangat dramatis dihasilkan oleh adanya perkembangan teknologi terutama teknologi microelectronic dalam bentuk keping silicon (IC).
- Kemampuan teknologi untuk memperkecil ukuran rangkaian serta mengkemas sejumlah rangkaian dalam satu keping tipis IC merupakan langkah menuju perkembangan komputer yang powerful dengan kapasitas penyimpan yang besar, namun dengan harga yang semakin murah.
Perubahan Teknologi
- Perubahan teknologi di atas telah membuka kemungkinan penggunaan komputer yang lebih luas.
- Saat ini kehadiran komputer sudah tidak dapat dilepaskan dari dunia bisnis dan industri modern.
- Komputer juga ditemukan dalam penggunaan aplikasi rumah tangga
- Agar komputer dapat diterima secara luas dan digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik.
- Hal ini tidak berarti bahwa semua sistem harus dirancang agar dapat mengakomodasi semua orang, namun komputer perlu dirancang agar memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan pengguna secara spesifik.
- Pengguna seharusnya tidak perlu memikirkan bagaimana cara berinteraksi dengan komputer, tetapi yang penting justru bagaimana mengoptimalkan komputer untuk memenuhi kebutuhannya
- Analoginya adalah seperti kita menggunakan mobil atau motor, kita tidak perlu memikirkan bagaimana cara mesin bekerja.
- Desain ini memuaskan saya, berarti juga akan memuaskan setiap orang
- Desain ini memuaskan rata-rata orang, berarti juga akan memuaskan setiap orang
- Manusia begitu amat beragam oleh karenanya tidak ada kemungkinan antar muka yang dapat memuaskan pengguna, tetapi karena sifat manusia yang adaptif sejak awalnya, maka itu tidak akan menjadi masalah
- Faktor ergonomi cukup mahal namun demikian produk-produk aplikasi komputer tetap terjual hanya dengan berdasarkan penampilan dan corak. Jadi pertimbangan ergonomi boleh diabaikan
- Ergonomi merupakan gagasan yang baik. Dalam mendesain sesuatu saya menggunakan pertimbangan ergonomi namun dilakukan berdasarkan intuisi dan menyandarkannya pada selera umum, jadi kita tidak memerlukan tabel data
- Prinsip kerja sebuah sistem komputer adalah adanya masukan – proses – keluaran (input – process – output).
- Ketika seseorang bekerja dengan sebuah komputer, ia akan melakukan interaksi atau berdialog dengan komputer menggunakan cara-cara tertentu.
- Ilmu komputer ( desain aplikasi & teknik human interface)
- Psikologi ( aplikasi dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user)
- Sosiologi & antropologi ( interaksi antara teknologi, work, dan organisasi)
- Industrial design (produk interaktif)
- Teknik sipil ( infrastruktur fisik)
- Teknik Mesin ( robotika)
Bagaimana menentukan fungsi yang dimiliki sebuah system
Bagaimana menyajikan kepada user
Bagaimana membangun sebuah system
Bagaimana untuk menguji sebuah design
Pendekatan HCI
Machine side ( teknik komputer grafis, sistem operasi, bahasa pemograman, dan bagaimana membangun environment yang relevan)
Human Side (teori komunikasi, graphic dan industrial design disipline, liguistic, ilmu social, psikologi kognitif, dan human performance are relevant
Aspek – aspek dalam HCI
Use and context of computers ( U)
Human characteristic (H)
Computer system and interface architectur (C)
Development proses ( D)
No comments:
Post a Comment